Minggu, 19 Februari 2012

COMPANY PROFILE





    
 



PROFILE LEMBAGA

A.    IDENTITAS
Nama                                 : KJKS BMT CENTER KUBE Karanganyar
Sektor Usaha                     : Jasa Keuangan Syari’ah
Diresmikan                        : 2006
Badan Hukum                   : Nomor 180/518/52 Tahun 2006
Disahkan                           : Bupati Karanganyar a.n Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah
Jangkauan Pelayanan        : Kab. Karanganyar
Alamat Kantor                  : Jl. Lawu Timur KM 17 Bejen Karanganyar.
                                            Telp. (0271) 7061051, 6499200

B.     Riwayat Singkat
                
Balai Usaha Mandiri Terpadu/Baitul Maal waat Tamwil (BMT) Center KUBE Karanganyar merupakan penyempurnaan dari bentuk sebelumnya yaitu Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang berkhidmat dalam upaya pemerataan dan peningkatan kesejahteraan anggota.  Keberadaannya diharapkan menjadi sarana peningkatan kesejahteraan khususnya anggota serta masyarakat pada umumnya.

Berkomitmen ikut andil dalam menyukseskan program pemerintah, BMT Center Kube Karanganyar mencoba menggarap masyarakat kecil dalam bentuk KUBE (Kelompok Usaha Bersama) untuk bersama–sama  memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan anggotanya. Pergerakannya adalah mengembangkan usaha – usaha produktif dan investasi dengan system Syari’ah untuk meningkatkan kualitas ekonomi anggota/pengusaha kecil. BMT melaksanakan dua macam kegiatan yakni kegiatan bisnis (baitu tamwil) sebagai kegiatan utama dan kegiatan sosial (baitul maal) sebagai kegiatan penunjang.

KJKS BMT CENTER KUBE Karanganyar memberikan layanan kepada anggota masyarakat mulai dari fungsi Informasi, penyimpanan, penitipan, penyaluran pembiayaan, investasi, pengumpulan dana dari para anggotanya, distribusi dana dan kegiatan lain dalam upaya memberikan layanan optimal sesuai kebutuhan anggotanya. Selain itu BMT Center juga menjadi  aktif melakukan koordinasi dengan jaringan BMT  melalui Asosiasi BMT Kkabupaten Karanganyar maupun Asosiasi Jawa Tengah serta aktif meprakarsai operasional Puskopsyah BMT Sejahtera Jawa Tengah. Dengan komitmen dan sinerginya seluruh anggota diharapkan keberadaan BMT Center Kube akan memberi nilai lebih ditataran Lembaga Keuangan Syari’ah.

Dalam pengelolaan dana dan manajemen BMT Center Kube Karanganyar didukung oleh para Pengurus,  Pengawas Syari’ah, Pengawas lah satu alternative yang strategis dalam dinamika perekonomian Indonesia dan k Manajemen Pengawas Keuangan serta para Pengelola yang merupakan Lulusan Sarjana maupun sarjana muda yang berorientasi pada pelayanan optimal demi kesejahteraan anggota.




VISI


Menjadi lembaga keuangan yang mandiri, sehat, kuat dan terpercaya dalam melayani usaha anggota dan masyarakat sekitar menuju kehidupan yang adil, makmur dan sejahtera, material dan spiritual

MISI

Misi adalah mewujudkan.
-          Gerakan Pembebasan anggota dan masyarakat dari belenggu rentenir, jerat kemiskinan dan ekonomi ribawi.
-          Gerakan pemberdayaan meningkatkan kapasitas dalam kegiatan ekonomi riil dan kelembagaan menuju tatanan perekonomian yang makmur dan maju.
-          Gerakan Keadilan membangun struktur masyarakat madani yang adil berkemakmuran berlandaskan ekonomi syari’ah dengan Ridho Allah.
TUJUAN

Meningkatkan kualitas usaha ekonomi untuk kesejahteraan anggota pada khusunya dan Masyarakat pada umumnya.
SIFAT
         
Merupakan usaha bisnis yang bersifat mandiri ditumbuhkembangkan dengan swadaya dan dikelola secara professional serta berorientasi untuk kesejahteraan anggota pada khusunya dan masyarakat pada umumnya.

PROFILE ANGGOTA

A.    KELOMPOK USAHA BERSAMA
1.      KUBE Pedagang Tempura
2.      KUBE Mesin Jahit
3.      KUBE Agro Bisnis
4.      KUBE Home Industri Makanan Kecil

B.     MASYARAKAT NON KUBE dari berbagai jenis usaha.

 
KERJASAMA PIHAK III

1.      Bank Muamalat Kantor Cabang Solo
2.      Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Solo
3.      Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Solo
4.      Bank Jateng Syariah Kantor Cabang Solo
5.      Koperasi Karyawan UNISRI Solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar